Adalah suatu perantara penjualan, seo
rang
penjual yang beroperasi antar pelanggan dan pabrikan. Atau pemanfaatan e-commerce
untuk keperluan membuat toko eceran.Contoh: www .amazone.com, www .walmart.com,www
.tesco.com
Karakteristik Keberhasilan E-Tailing
1. Content dari website
Yaitu tampilan
dan juga kemudahan yang didapatkan dari sebuah situs
2. Komunitas dalam internet
Dimana setiap
pelaku bisnis e-tailing harus mampu membangun komunitas khusus dalam situsnya.
Komunitas yang
dibangun antara lain didasarkan pada :
•
Kesamaan hobi
•
Kesamaan minat
•
Kesamaan
pengalaman
•
Kesamaan keperdulian
•
Kesamaan regional wilayah tempat tinggal, dll
3. Komersialisasi
Yaitu
menyangkut segala sesuatu yang ditawarkan untuk menarik konsumen agar bersedia
melakukantransaksi pembelian.
Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh
Calkins
1. Chanel Support
Usaha untuk
meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan pengecer yang
menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada. Contohnya : mirip
toko kelontong
2. Category Killer
Adalah pengecer
yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun
sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu macam produk saja.
Contohnya: Home Depot (home improvement), Toys RUs (mainan anak-anak), dan
lain-lain.
3. Auctioner
Dikenal sebgai
perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan content
(produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran).
4. Vertical Portal
Bisnis ini
melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang
terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan. Contoh pelaku
bisnis ini dapat ditemukan di www .pikenet.com
Permasalahan E-Tailing
1.
profitability
•
Mengalami kerugian pada tiap-tiap penjualan yang
dilakukan, ketika mencoba untuk tumbuh dalam ukuran dan skala mencari
keuntungan.
•
Dasar Pendapatan dan biaya tidak jelas
•
Sukses Jangka Panjang memerlukan kelangsungan hidup
keuangan
•
Permasalahan E-Tailing
2.
Manage
New Risk Exposure
•
Perusahaan lokal bertentangan dengan pelanggan lokal
dan peraturan lokal
•
Perusahaan nasional mempunyai unsur lebih
•
Perusahaan global berhadapan dengan banyak perspektif
budaya
3.
Branding
Sebagai
pengarah sebagai pendorong kearah belanja yang berlebihan
4.
Starting
with insufficient funds
Memulai usaha
dengan dana yang tidak cukup
5.
Keep In
Interesting
Design yang
Statis akan mati, Web Site yang Dinamis dengan informasi database yang besar,
kebanyakan berupa permohonan dari customer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar