PENGERTIAN E-MARKETPLACE
Pasar di mana para penjual dan
para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa dan
barang-barang lainnya, yang dilakukan secara elektronis.
Contoh:www .tokopedia.com
Pertimbangan bergabung ke dalam
E-Marketplace:
•
Kepemilikan (Ownership E-Marketspace)
Yang bertanggungj jawab penuh mengenai
kelangsungan hidup E-MarketPlace.
•
Biaya(Costs)
Semua biaya
yang mendukung seperti komisi,biaya kenggotaan, biaya lainya .
•
Kemudahan penggunaan/dukungan(Ease To Use/Support)
mudah digunakan
tanpa perlu pelatihan atau peralatan tertentu
•
Industri yang sesuai (Industry Fit)
Jenis usaha
harus disesuaikan dengan marketplace sebagai kunci sukses
•
Partisipasi Marketplace (Marketplace
Participation)
Adanya kesinambungan
antar penjual dan pembeli
•
Keamanan/Privasi(Security / Privacy)
Marketplace
yang baik harus memiliki sistem keamanan untuk mencegah pelanggaran privasi dan
penipuan.
•
Pelayanan Lainnya (Other Service)
Layanan tambahan
diberikan marketplace seperti layanan kualifikasi vendor
•
Proses Integrasi(Process Integration)
Proses bisnis
antara pembeli dan penjual yang sesuai (klop) dengan Marketplace
Komponen E-Marketplace
1.
Konsumen (Consumer)
Setiap pengguna
internet berpotensi untuk menjadi konsumen/pembeli dalam Marketplace
2.
Penjual
(Seller)
Pihak yang
menjual barang/jasanya di Marketplace.
3.
Barang
(Product)
Produk/jasa yang
dijual, baik berupa fisik atau digital
4.
Front-End
Halaman muka
web yang terlihat oleh user, meliputi:katalog , keranjang belanja, search
engine dan payment gateway
5.
Mitra
Bisnis (Intermediaries)
Perantara yang
menghubungkan antara penjual dan pembeli
6.
Dukungan
Pelayanan (Support Services)
Jasa pendukung,
meliputi: pengesahan sertfikat, jaminan orang ketiga sampai penyedia layanan
7.
Infrastruktur
Hal yang
terkait dengan Marketplace, meliputi jaringan elektronik, hardware, software
dll
8.
Back End
Aktivitas yang
berkaitan dengan pemenuhan pesanan,manajemen persediaan, pembelian dari
suplier,proses pembayaran, packing dan pengiriman barang.
Faktor Sukses E-Marketplace
Karakteristik Produk
– Tipe Produk
– Harga Produk
– Ketersediaan Standar Produk
– Informasi Produk
Karakteristik Industri
– Diperlukan Broker
– Intellegent System boleh
menggantikan Broker Karakteristik Penjual
– Konsumen akan mencari penjual
dengan harga yang murah
– Volume Rendah dengan margin
keuntungan transaksi yang lebih tinggi
Karakteristik Pembeli
– Pembeli yang sesuai dengan
selera
– Pembeli yang seperti pasien /
selalu butuh
– Pembeli yang menganalisa
Jenis Konsumen
•
Impulsive buyers
konsumen yang
membeli produk dengan cepat
•
Patient buyers
konsumen yang
membeli produk setelah melakukan berbagai perbandingan atas harga,pemasok,
model produk, maupun aspek lainnya.
•
Analytical buyers
konsumen yang
melakukan penelitian khusus sebelum membuat keputusan untuk membeli produk atau
jasa tertentu.
•
Window shoppers
Konsumen yang
hanya melakukan browsing.
Model Perilaku Konsumen
1. Gender dan Umur
2. Status Perkawinan
3. Tingkatan Pendidikan
4. Etnicity
5. Jabatan
6. Pendapatan Rumah Tangga
7. Kepribadian
8. Karakteristik Gaya Hidup
Faktor konsumen dalam membeli
• Pemrakarsa ( Initiator )
• Pengaruh (Influencer )
• Kebutuhan
Segmentasi Pasar
•
Segmentasi Geografi
Merupakan pembagian pasar menjadi unit geografis yang berbeda,
misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota dan kepulauan. Contoh :
Coca-Cola memasarkan produk minumannya dengan merk tertentu hanya dijual di
Jepang yaitu Sokembicha, Lactia, Georgia, dan Qoo
•
Iklan
Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan.
Perusahaan harus secara aktif berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas
internet seperti newsgroups,mailing list, dan bulletin boards.
Pelayanan Pelanggan
•
Iklan harus berhubungan dengan proses ordering ketika
pelanggan tertarik setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus
bisa langsung dipesan dan dibayar.
•
Strategi Menarik Perhatian Pengunjung ke Suatu
Situs
•
Tidak hanya mengandalkan situs web saja
•
Dalam menarik pelanggan tidak hanya mengandalkan
E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan media tradisional.
•
Padukan nama perusahan dengan nama situs web dengan
memadukan nama perusahaan dengan situs web akan memudahkan pengunjung untuk
mendatangi situs anda. Misalnya www.microsoft.com, www.ge.com
•
Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di
lembar cetakan alamat Ecommerce anda harus tercantum di kop surat, amplop brosur,
kartu nama, papan nama, stiker dan lainnya.
Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada internet
Mengacu pada pembelian online di
Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :
1. Tangibles
Tampilannya rapi dan tersusun
baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
2. Reliability
Produk dikirim tepat waktu dan
sesuai dengan pesanan
3. Responsiveness
Tersedia panduan yang membantu
saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung
sukses atau ada masalah.
4. Assurance
Adanya layanan untuk mendampingi
pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti
rekomendasi dan vendor.
5. Empathy
Adanya personalized service,
seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.
Iklan
Alasan Beriklan di internet
•
Iklan
dapat diupdate setiap waktu dengan biaya minimal, karena itu iklan-iklan di
internet selalu bisa tampil baru.
•
Iklan
dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam
hitungan global.
•
Iklan
pada E-Commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik,
dan animasi.
•
Manfaat
internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Enam Metode Webvertising
a. Banners.
Iklan banner
merupakan jenis iklan yang paling lazim
digunakan di
Internet.
Ada 2 jenis
banner :
1. Keyword
Banner
Keyword Banner
muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.
2. Random Banner
Random banner
muncul secara acak.
b. Splash screen
Splash screen
adalah halaman pertama dari sebuah website yang digunakan untuk menarik perhatian
para pemakai internet untuk jangka pendek sebagai promosi atau wahana untuk memasuki
homepage situs.
c. Spot leasing
Search engines
biasanya menyediakan ruang (spot) dalam homepage-nya untuk disewakan kepada setiap
pelaku bisnis yang berminat.
d. URL (Uniform Resource Locator)
Rangkaian
karakter menurut standar format tertentu, yang digunakan untuk menunjukan
alamat suatu situs. Setiap orang bisa mendaftarkan URL-nya di search engine
tertentu.
e. E-mail
Cara lain untuk
beriklan di internet adalah membeli daftar alamat e-mail yang kemudian
dijadikan sumber informasi untuk keperluan pengembangan database pelanggan.
f . Chatting room
Fasilitas
chatting room merupakan ruang diskusi interaktif secara virtual antara sejumlah
partisipan mengenai apa saja, termasuk promosi produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar