Kotak Kata Kita

Minggu, 11 Mei 2014

E-Tailing (Electronic Retailing)

E-Tailing (Electronic Retailing)

      Adalah suatu perantara penjualan, seo
rang penjual yang beroperasi antar pelanggan dan pabrikan. Atau pemanfaatan e-commerce untuk keperluan membuat toko eceran.Contoh: www .amazone.com, www .walmart.com,www .tesco.com


Karakteristik Keberhasilan E-Tailing
1. Content dari website
Yaitu tampilan dan juga kemudahan yang didapatkan dari sebuah situs
2. Komunitas dalam internet
Dimana setiap pelaku bisnis e-tailing harus mampu membangun komunitas khusus dalam situsnya.
Komunitas yang dibangun antara lain didasarkan pada :
        Kesamaan hobi
        Kesamaan minat
         Kesamaan pengalaman
        Kesamaan keperdulian
        Kesamaan regional wilayah tempat tinggal, dll


3. Komersialisasi
Yaitu menyangkut segala sesuatu yang ditawarkan untuk menarik konsumen agar bersedia melakukantransaksi pembelian.

Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins
1. Chanel Support
Usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada. Contohnya : mirip toko kelontong
2. Category Killer
Adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu macam produk saja. Contohnya: Home Depot (home improvement), Toys RUs (mainan anak-anak), dan lain-lain.
3. Auctioner
Dikenal sebgai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran).
4. Vertical Portal
Bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan. Contoh pelaku bisnis ini dapat ditemukan di www .pikenet.com

Permasalahan E-Tailing
1.       profitability
        Mengalami kerugian pada tiap-tiap penjualan yang dilakukan, ketika mencoba untuk tumbuh dalam ukuran dan skala mencari keuntungan.
        Dasar Pendapatan dan biaya tidak jelas
        Sukses Jangka Panjang memerlukan kelangsungan hidup keuangan
        Permasalahan E-Tailing

2.        Manage New Risk Exposure
        Perusahaan lokal bertentangan dengan pelanggan lokal dan peraturan lokal
        Perusahaan nasional mempunyai unsur lebih
        Perusahaan global berhadapan dengan banyak perspektif budaya

3.       Branding
Sebagai pengarah sebagai pendorong kearah belanja yang berlebihan
4.        Starting with insufficient funds
Memulai usaha dengan dana yang tidak cukup
5.        Keep In Interesting

Design yang Statis akan mati, Web Site yang Dinamis dengan informasi database yang besar, kebanyakan berupa permohonan dari customer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar