Kotak Kata Kita

Minggu, 11 Mei 2014

E-Marketplace & Iklan


PENGERTIAN E-MARKETPLACE


Pasar di mana para penjual dan para pembeli menukar jasa dan barang-barang untuk uang atau untuk jasa dan barang-barang lainnya, yang dilakukan secara elektronis.
Contoh:www .tokopedia.com


Pertimbangan bergabung ke dalam E-Marketplace:
         Kepemilikan (Ownership E-Marketspace)
         Yang bertanggungj jawab penuh mengenai kelangsungan hidup E-MarketPlace.
         Biaya(Costs)
Semua biaya yang mendukung seperti komisi,biaya kenggotaan, biaya lainya .
        Kemudahan penggunaan/dukungan(Ease To Use/Support)
mudah digunakan tanpa perlu pelatihan atau peralatan tertentu
        Industri yang sesuai (Industry Fit)
Jenis usaha harus disesuaikan dengan marketplace sebagai kunci sukses
        Partisipasi Marketplace (Marketplace Participation)
Adanya kesinambungan antar penjual dan pembeli
        Keamanan/Privasi(Security / Privacy)
Marketplace yang baik harus memiliki sistem keamanan untuk mencegah pelanggaran privasi dan penipuan.
        Pelayanan Lainnya (Other Service)
Layanan tambahan diberikan marketplace seperti layanan kualifikasi vendor
        Proses Integrasi(Process Integration)
Proses bisnis antara pembeli dan penjual yang sesuai (klop) dengan Marketplace



Komponen E-Marketplace
1.       Konsumen (Consumer)
Setiap pengguna internet berpotensi untuk menjadi konsumen/pembeli dalam Marketplace
2.        Penjual (Seller)
Pihak yang menjual barang/jasanya di Marketplace.
3.        Barang (Product)
Produk/jasa yang dijual, baik berupa fisik atau digital
4.        Front-End
Halaman muka web yang terlihat oleh user, meliputi:katalog , keranjang belanja, search engine dan payment gateway
5.        Mitra Bisnis (Intermediaries)
Perantara yang menghubungkan antara penjual dan pembeli
6.        Dukungan Pelayanan (Support Services)
Jasa pendukung, meliputi: pengesahan sertfikat, jaminan orang ketiga sampai penyedia layanan
7.        Infrastruktur
Hal yang terkait dengan Marketplace, meliputi jaringan elektronik, hardware, software dll
8.        Back End
Aktivitas yang berkaitan dengan pemenuhan pesanan,manajemen persediaan, pembelian dari suplier,proses pembayaran, packing dan pengiriman barang.

Faktor Sukses E-Marketplace
Karakteristik Produk
– Tipe Produk
– Harga Produk
– Ketersediaan Standar Produk
– Informasi Produk

Karakteristik Industri
– Diperlukan Broker
– Intellegent System boleh menggantikan Broker Karakteristik Penjual
– Konsumen akan mencari penjual dengan harga yang  murah
– Volume Rendah dengan margin keuntungan transaksi  yang lebih tinggi

Karakteristik Pembeli
– Pembeli yang sesuai dengan selera
– Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
– Pembeli yang menganalisa

Jenis Konsumen
        Impulsive buyers
konsumen yang membeli produk dengan cepat
        Patient buyers
konsumen yang membeli produk setelah melakukan berbagai perbandingan atas harga,pemasok, model produk, maupun aspek lainnya.
        Analytical buyers
konsumen yang melakukan penelitian khusus sebelum membuat keputusan untuk membeli produk atau jasa tertentu.
        Window shoppers
Konsumen yang hanya melakukan browsing.

Model Perilaku Konsumen
1. Gender dan Umur
2. Status Perkawinan
3. Tingkatan Pendidikan
4. Etnicity
5. Jabatan
6. Pendapatan Rumah Tangga
7. Kepribadian
8. Karakteristik Gaya Hidup

Faktor konsumen dalam membeli
• Pemrakarsa ( Initiator )
• Pengaruh (Influencer )
• Kebutuhan

Segmentasi Pasar
        Segmentasi Geografi
Merupakan pembagian pasar menjadi unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota dan kepulauan. Contoh : Coca-Cola memasarkan produk minumannya dengan merk tertentu hanya dijual di Jepang yaitu Sokembicha, Lactia, Georgia, dan Qoo
        Iklan
Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Perusahaan harus secara aktif berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas internet seperti newsgroups,mailing list, dan bulletin boards.

Pelayanan Pelanggan
        Iklan harus berhubungan dengan proses ordering ketika pelanggan tertarik setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus bisa langsung dipesan dan dibayar.
        Strategi Menarik Perhatian Pengunjung ke Suatu Situs
        Tidak hanya mengandalkan situs web saja
        Dalam menarik pelanggan tidak hanya mengandalkan E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan media  tradisional.
        Padukan nama perusahan dengan nama situs web dengan memadukan nama perusahaan dengan situs web akan memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs anda. Misalnya www.microsoft.com, www.ge.com
        Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di lembar cetakan alamat Ecommerce anda harus tercantum di kop surat, amplop brosur, kartu nama, papan nama, stiker dan lainnya.

Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada internet
Mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :
1. Tangibles
Tampilannya rapi dan tersusun baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
2. Reliability
Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan
3. Responsiveness
Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
4. Assurance
Adanya layanan untuk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dan vendor.
5. Empathy
Adanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.

Iklan
Alasan Beriklan di internet
         Iklan dapat diupdate setiap waktu dengan biaya minimal, karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru.
         Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
         Iklan pada E-Commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
         Manfaat internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.

Enam Metode Webvertising
a. Banners.
Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim
digunakan di Internet.
Ada 2 jenis banner :
1. Keyword Banner
Keyword Banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.
2. Random Banner
Random banner muncul secara acak.
b. Splash screen
Splash screen adalah halaman pertama dari sebuah website yang digunakan untuk menarik perhatian para pemakai internet untuk jangka pendek sebagai promosi atau wahana untuk memasuki homepage situs.
c. Spot leasing
Search engines biasanya menyediakan ruang (spot) dalam homepage-nya untuk disewakan kepada setiap pelaku bisnis yang berminat.
d. URL (Uniform Resource Locator)
Rangkaian karakter menurut standar format tertentu, yang digunakan untuk menunjukan alamat suatu situs. Setiap orang bisa mendaftarkan URL-nya di search engine tertentu.
e. E-mail
Cara lain untuk beriklan di internet adalah membeli daftar alamat e-mail yang kemudian dijadikan sumber informasi untuk keperluan pengembangan database pelanggan.
f . Chatting room

Fasilitas chatting room merupakan ruang diskusi interaktif secara virtual antara sejumlah partisipan mengenai apa saja, termasuk promosi produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar