Kotak Kata Kita

Sabtu, 10 Mei 2014

Webvertising

Apa itu webvertising ??
Banyak sekali definisi yang disampaikan oleh seseorang mengenai internet marketing atau bisnis internet.
Hal ini di karenakan internet marketing saat ini telah menjadi fenomena tidak hanya sebagai wacana,melainkan solusi yang telah terbukti membawa banyak orang kepada kehidupan yang lebih baik.
Bisnis internet sendiri pada dasarnya merupakan sebuah aktivitas dimana anda menjual produk anda baik itu berupa barang ataupun jasa melalui media internet.
Banyak sekali istilah-istilah lain seperti online marketing, e-marketing, webvertising, atau web marketing yang semuanya mengacu pada bisnis internet.


Aktivitas internet marketing sendiri sebagaimana layaknya marketing atau pemasaran yang dilakukan secara konvensional terdiri dari berbagai macam aspek teknik yang berkaitan dengan optimalisasi media internet untuk memasarkan produk anda.
Mulai dari proses merancang sistem pemasaran produk anda melalui internet, mendesain, dana mengoptimalkan media untuk memasarkan produk seperti website, email, jejaring sosisal, dsb.Mempromosikan produk anda melalui media tersebut kepada pelanggan dan lain sebagainya.
Karena salah satu kemudahan dari teknologi internet adalah, memungkinkan seorang pelaku bisnis untuk menjalin hubungan dengan pelanggan hanya melalui gadget yang dimiliki atau yang dipihnya sebagai alat untuk berkomunikasi seperti PC, laptop, netbook, smartphone, dan lain sebagainya yang menjadikan bisnis marketing adalah bisnis dengan bermodalkan jari anda.
Namun tentu saja dalam banyak hal, misalnya pada saat anda membuka toko online, tidak seluruhnya kegiatan anda dilakukan secara online, anda tetap melakukan aktivitas off line seperti mengepak barang, mengirimkan barang melalui jasa pengiriman barang dan lain sebagainya.

 Tujuan dari Internet Marketing
Meskipun tujuan dari internet marketing sendiri sangat luas,tergantung kepentingan dari mereka yang ingi memanfaatkan dan mengoptimalkannya. Namun secara garis besar, tujuan dari internet marketing antara lain :
1.       Mengkomunikasikan pesan perusahaan/penjual produk

Melalui aktivitas bisnis internet, anda bisa merancang dan mengoptimalkan pesan yang ingin ada sampaian kepada pelanggan mengenai produk anda.

Dalam hal ini, keunggulan bisnis internet adalah memiliki sifat yang lebih flesibel dibandingkan bila anda menyampaikan pesan melalui media konvensional seperti media massa, media elektronik, poster, pamflet, spanduk, leaflet dan lain sebagainya.

Bagaimana tidak, selain memiliki biaya yang murah, space yang tersedia bagai anda untuk beriklan, khususnya apabila anda memiliki website sendiri benar-benar tidak terbatas tidak seperti bila anda mengirmkan pesan melalui media konvensional, meskipun tentu saja anda harus merancangnya sedemikian rupa agar pesan tersebut mengalir dengan tepat sasaran.

2.       Memanfaatkan ruang internet untuk mengiklan atau mempromosikan produk
Melalui internet marketing anda melakukan aktifitas bisnis dengan cara mengoptimalkan dan memanfaarkan ruang internet untuk bisa memperkenalkan  produk anda kepada para pelanggan. Dengan pengguna internet di indonesia yang sudah mencapai puluhan juta maka tentu saja pangsa pasar yang anda bidik sebagai target saat beriklan  dan mempromosikan produk anda melalui internet sangantlah besar.
3.       Menjual produk baik itu barang ataupun jasa
Tentu saja tujuan utama aktivitas internet marketing adalah untuk meberikan perusahaan anda penghasilan yang hanya didapat dari keberhasilan anda menjual produk baik jasa ataupun barang.
4.       Melakukan riset
Seiring perkembangan dan pertumbuhan pesat pengguna internet, maka semakin banyak pula riset-riset yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk mempelajari pola interaksi para pengguna internet dan perilaku pelanggan melalui gaya mereka dalam berkomunikasi dan bersosialisasi melalui media internet seperti jejaring sosial, forum internet, mailing list, dan lain sebagainya.
Riset ini tentu saja merupakan bagaian dari aktivitas bisnis untuk mengetahui dan memahami perilaku pasar dan pada akhirnya memudahkan anda sebagai pelaku pasar untuk bisa mencari cara untuk bisa mempromosikan dan memasarkan produk anda ditengah-tengah masyarakat.
5.       Menjalin hubungan / relasi dengan para pelanggan
Satu lagi yang menjadi tujuan dari internet marketing adalah untuk meningkatkan dan memudahkan anda berhubungan dengan menjalin relasi dengan para pelanggan anda.
Apabila anda misalnya memasarkan barang secara online maka aktifitas bisnis online dilakukan untuk memberikan informasi dan kemudahan mengenai bagaimana bertransaksi atau memiki akses untuk mendapatkan produk yang anda jual.


Keunggulan internet marketing
Dibandingkan dengan metode dan teknik-teknik merketing konvesional ada beberapa keunggulan yang bisa anda optimalkan saat anda menjalankan bisnis anda melalui aktivitas internet marketing.
Keunggulan inilah yang membuat banyak orang tertarik dan berinvestasi pada aktivitas ini bahkan beberapa perusahaan ternama yang sudah mapan secara serius membuat kebijakan dalam menekuni dan menerapkan aktivitas internet marketing untuk mempromosikan dan memasarkan produk yang mereka jual.
Adapun keunggulan-keunggulan yang bisa anda temukan pada aktivitas bisnis internet antara lain:
1.       Efektif
Dibandingkan dengan aktivitas pemasaran / marketing konvesional, apabila anda sudah mengenal dan memahami pangsa pasar anda, maka aktivitas bisnis melalui intenet dalam banyak hal lebih efektif dan tepat sasaran.
Hal ini dikarenakan aktifitas masyarakat indonesia di dunia maya belakangan ini semakin meningkat pesat, dan dengan banyaknya pengunjung internet di indonseia dan bahkan seluruh dunia.
Apabila anda mampu sedikit saja mencuri pangsa pasar melalui media internet, maka keuntungan dan penghasilan luar biasa akan segera menghampiri anda.
2.       Efisien
Biaya untuk melakukan aktivitas internet marketing bisa dikatakan cukup murah. Sebagai contoh: anda tidak perlu menyewa tempat, toko atau lapak untuk melakukan aktivitas dagang dan transaksi tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi.
Hal ini dikarenakan aktivitas anda bisa dilakukan di rumah dan bisa menggukan media yang jauh lebiih murah kalau boleh dibilang gratis untuk mengiklankan atau mempromosikan produk anda seperti mengoptimalkan website anda, menggunakan media sosial, memanfaatkan forum internet, memanfaatkan komunitas blog, mailist dlsb.
3.       Banyak pilihan untuk membangaun kerajaan bisnis anda sendiri.
Anda bisa berbisnis dengan mempromosikan atau menjual produk anda sendiri. Atau bila anda masih belum memiliki ide untuk berbisnis, anda bisa mencoba menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau mengikuti program affiliasi.
4.       Fleksibel
Internet marketing bisa dikatakan aktivitas yang sangat fleksibel baik bagi anda sebagai penjual produk maupun bagi pelanggan anda.
Tanpa harus keluar rumah dan hanya mengunjungi website atau account jejaring sosial pelanggan anda akan secara leluasa mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk yang anda jual melalui jaringan internet baik dengan menggunakan komputer, tablet, smartphone atau gadget-gadget lainnya yang memungkinkan.
Transaksipun bisa dilakukan oleh anda dan pelanggan anda via online banking atau sms banking tanpa keluar rumah untuk bertemu tatap muka langsung.
Komponen-komponen internet marketing
Meskipun cakupan dari internet marketing begitu luas, namun ada beberapa komponen-komponen yang perlu anda perhatikan dan pahami berkaitan dengan aktivitas ini, antara lain:

1.      Membuat dan mengoptimalkan website
Website merupakan sarana yang efektif untuk mengenalkan dan memasarkan produk anda, menariknya melalui website anda bisa melakukan promosi produk dengan cara yang interaktif.

2.     Blog marketing.
Selain website, anda juga bisa memasarkan produk anda dengan mengekspresikan opini serta merancang konten tulisan yang menarik tentang produk tersebut melalui fasilitas blog.

3.      Search Engine Marketing(SEM) dan Search Engine Optimization(SEO)
SEM adalah aktifitas pemasaran dengan cara mempromosikan website atau blog anda sehingga mudah dicari dan memiliki posisi yang bagus di Search Engine Result Page(SERP) melalui beberapa sistem.

4.      Email Marketing
Pemasaran dan pengenalan produk bisa melalui pendistribusian melalui email pelanggan atau menjawab pertanyaan pelanggan yang disampaikan melalui email perusahaan.anda pun bisa mendistribusikan hal-hal lainnya seperti newsletter,pengumuman,produk baru,produk-produk best seller melalui email.

5.      Iklan Banner
Jika pada perusahaan konvensional,pemasaran melalui pemasangan iklan dimedia massa,baik itu media cetak maupun elektronik,tetapi didalam internet marketing anda bisa melakukan promosi atau beriklan melalui iklan banner website atau blog milik perusahaan secara gratis atau berinvestasi dengan membeli space di banner iklan di website atau blog milik individu atau perusahaan-perusahaan lainnya.

6.      Melakukan Press Release secara online
Yakni dengan cara menuliskan konten atau hal-hal yang menarik dan positif berkaitan dengan perusahaan anda,produk yang anda jual,dan orang-orang yang terlibat di dalamnya,sehingga memiliki nilai lebih dan kredibilitas dihadapan pelanggan melalui berbagai macam saluran dan media online seperti website,blog,jejaring sosial,email,dsb.

7.      Artikel Marketing
Salah satu cara membuat website anda menarik untuk dikunjungi adalah dengan secara konsisten mengupload artikel-artikel yang berhubungan dengan bisnis yang anda kelola.

8.      Social Media Marketing
Pertumbuhan dan perkembangan pengunjung dan pemilik account situs jejaring sosial seperti facebook,twitter,LingkedIn dsb merupakan salah satu lahan yang prospektif untuk memasarkan produk anda.

9.      Affilate Marketing
Salah satu metode internet marketing dengan cara membuat program affiliate yang menarik,sehingga dapat meraih banyak anggota yang dapat membantu anda memasarkan produk anda.
Misalnya, Bagi anda yang bergerak di bidang retail,misalnya dengan mebuka toko online/online shop,maka anda bisa memuat program kemitraan yang memberikan tawaran yang menarik bagi para reseller anda berupa diskon,point reward,atau hadiah-hadiah menarik.


Prinsip-prinsip penting dalam meraup penghasilan besar dengan internet marketing :
1.Orientai pada aksi
Sebanyak apapun peluang dan pengetahuan yang anda temukan saat anda googling mengenai internet marketing, anda tidak akan mendapatkan apa-apa tanpa melakukan aksi atau tindakan yang nyata untuk menjadi pemain dalam aktivitas ini.
 2.Tekun dan sabar
Meskipun aktivitas internet bisa dikatakan tanpa investasi dalam jumlah yang besar dari segi modal / materi, namun untuk meraih kesuksesan anda membutuhkan investasi lain berupa tenaga dan waktu.

Apabila anda perhatikan, sebagian orang-orang yang meraih kesuksesan dari aktivitas ini tidaklah mencapainya dalam waktu singkat, melainkan harus melaui bermacam proses daan menghadapi berbagai macam hambatan dan bahkan kegagalan.
3.Konsisten                                                                                                                                                                                
Ada banyak jalur, cara dan teknik-teknik yang bisa anda lakukan dalam menjalankan aktivitas internet marketing. Apabila anda mencapai kesuksesan dengan menjual produk anda sendiri dengan membuat toko online atau ikut dengan program affiliasi?, apakah anda ingin promosi melalui jejaring sosial atau melakukan search engine optimizazion (SEO) ?.
Namun anda harus konsisten dalam menekuni apapun pilihan anda dengan cara fokus pada alternatif yang telah menjadi pilihan anda dan tidak cepat berpindah-pindah jalur, cara dan teknik, karena apabila anda melakukan hal ini, maka sikap ini tidak membawa anda mencapai hasil yang maksimal.
4.Selalu mau belajar
Bisnis adalah sebauh proses belajar yang ber kesinambungan, demikian pula bila anda menggunakan internet marketing sebagai cara bagi anda untuk menjalankan bisnis anda. Oleh karena itu anda harus bersedia belajar, khususnya pada mereka yang terlebih dahuku menapaki kesuksesan.
Anda harus menunjukan tekad yang lebih besar untuk selalu belajar, membuka diri, dan mengembangkan ketrampilan serta kemampuan yang anda miliki untuk meraih kredibilitas dan kompetensi yang di perlukan untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan.
Sumber : ( http://www.kizzio.com/666-internet-marketing.htm)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar