Pengertian OOP
Object Oriented Programming atau yang lebih dikenal dengan OOP adalah
pemrograman yang menitikberatkan kepada objek-objek untuk menyelesaikan tugas
atau proses dari program tersebut. Sedangkan penitikberatkan ini dimaksudkan
adanya interaksi pengiriman nilai, pesan atau pernyataan antar objek. Kemudian
objek yang merespon hasil dari interaksi tersebut akan membentuk suatu tindakan
atau aksi (methode).
Pernyataan diatas digunakan untuk mendefinisikan variabel bernama sport.
Pada C++ variabel seperti sport berkedudukan sebagai variabel kelas yang biasa
disebut dengan objek.
Pada sebuah kelas, item-item di dalamnya bisa bersifat private atau public. Secara
default, semua item di dalam kelas bersifat private. Jadi tanpa menuliskan kata kunci
private, semua item di dalam kelas sudah private.
Karakterisitk OOP
Di dalam penggunaan konsep pemrograman yang berbasis objek atau yang
disebut Object Oriented Pemrograman (OOP), haruslah memiliki karakteirstik.
Adapun karakteristik tersebut adalah memiliki sifat turunan atau pewarisan
(Inheritance), satu nama memiliki banayak sifat atau perilaku (Polymorphism),
pembungkusan sifat dari objek yang berbeda (Encapsulation). Berikut akan
dijelaskan karakteristik OOP tersebut:
Inheritance
Inheritance memungkinkan programmer untuk "menurunkan" sebuah class
menjadi class lain yang lebih spesifik dan memiliki fungsi yang lebih komplit.
Inheritance merepresentasikan hubungan "seperti" atau "sejenis" (a kind of). Sebagai
contoh, sebuah perahu motor adalah seperti perahu namun dengan kemampuan lebih,
yakni memiliki motor. Contoh lain adalah kendaraan jenis mobil (sebagai super
class) dan memiliki tipe sport (sebagai subclass), bila digabung menjadi mobil sport.
Ketika kita menurunkan sebuah class dari class yang lain, class yang baru
akan mewarisi semua attribute dan method dari class yang sudah ada. Class yang
sudah ada disebut dengan base class atau super class atau parent class dan class
yang baru disebut dengan derived class atau subclass, atau child class. Dengan
inheritance, kita dapat men daur ulang program kita atau bahkan men daur ulang
program orang lain agar sesuai dengan kebutuhan kita.
Tanpa inheritance, kelas merupakan sebuah unit yang berdiri sendiri.
Inheritance akan membentuk suatu konsep dimana jika konsep yang diatas berubah
maka perubahan akan juga berlaku pada yang ada dibawahnya. Inherate sangat mirip
dengan hubungan orang tua dengan anak. Manakala suatu kelas menerima warisan,
semua anggota data dan fungsi juga akan menerima warisan, walalupun tidak
semuanya akan dapat di akses oleh anggota fungsi dari kelas.
Di dalam C++ penentuan akses pada inheritance ada tiga macam, yaitu :
1. Public
Penentuan akses berbasis public menyebabkan anggota dari public dari sebuah
kelas utama akan menjadi anggota public kelas turunan dan menyebabkan juga
anggota protect kelas utama menjadi anggota protect kelas turunan, namun untuk
anggota kelas private tetap pada private kelas utama.
2. Private
Penentu akses berbasis private menyebabkan anggota dari anggota public dari
kelas utama akan menjadi anggota protect kelas turunan, dan menyebabkan
anggota dari kelas utama menjadi anggota protect kelas turunan, namun untuk
anggota kelas private tetap pada private kelas utama.
3. Protected
Penentu akses berbasis protect menyebabkan anggota dari anggota protect dan
public dari kelas utama akan menjadi anggota private dari kelas turunan.
Anggota private dari kelas utama selalu menjadi anggota private kelas utama.
A. Public pada kelas
Public (public) menyatakan bahwa deklarasi variabel atau item-item yang ada di
dalam kelas dapat diakses dari luar kelas.
Contoh-1 //Penggunaan public pada class
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
garis()
{
cout<<"==============================\n";
}
class siswa
{
public :
char nis[9],nama[20];
float nilai;
};
main()
{
clrscr();
siswa sekolah;
garis();cout<<endl;
cout<<"\t Program Nilai Siswa"<<endl
<<"\t -------------------"<<endl;
cout<<" Input NIS = ";cin>>sekolah.nis;
cout<<" Input Nama Siswa = ";cin>>sekolah.nama;
cout<<" Input Nilai Akhir = ";cin>>sekolah.nilai;
clrscr();
garis();cout<<endl;
cout<<"\t Nilai Siswa"<<endl
<<"\t ------------"<<endl<<endl
<<" NIS = "<<sekolah.nis<<endl
<<" Nama Siswa = "<<sekolah.nama<<endl
<<" Nilai Akhir = "<<sekolah.nilai<<endl;
garis();
getch();
Tidak ada komentar:
Posting Komentar